Artikel Pertama

Standard

Saya memutuskan untuk share artikel perdana saya  pada posting pertama ini. Artikel perdana saya ini dimuat di salah satu koran daerah. Bekasi Ekspres namanya. Awalnya ini adalah tugas dari dosen saya pada mata kuliah Botani Farmasi. Beliau pernah bilang sebelum memulai materi pertama kali, beliau akan memberikan nilai plus dan bebas uts serta uas bagi mahasiswa yang artikelnya dimuat di koran. Tentu saja artikel itu mengenai Botani Farmasi. Nah, karena itulah saya sangat termotivasi,haha. Saya mencari referensi dari banyak sumber. Ya… belum tau banyak soal botani….tanaman…tanaman obat pula. Well, banyak juga referensi yang saya cari di internet. Sampai-sampai saya pusing sendiri untuk memadukannya. Alhasil, artikel pun dibuat dengan kata-kata saya sendiri dan dengan pemahaman saya setelah membaca berbagai artikel yang berkaitan dengan judul yang saya minati yaitu tumbuhan jintan hitam .Sebenarnya, ngerjain artikel udah deket-deket deadline dan…. bersyukur banget dimuat tepat waktu. Seminggu sebelum uas matkul tsb dilaksanakan. Sekarang, saya mau share artikel saya ini. Semoga bermanfaat ya🙂

Multi Manfaat Habbatussauda atau Jintan Hitam

Habbatussauda atau jintan hitam adalah biji dari tanaman berbunga dengan nama latin Nigella Sativa. Habbatussauda disebut habbatul baraka yang artinya biji yang membawa berkah. Habbatussauda termasuk ke dalam keluarga buttercup atau Ranunculaceae. Tanaman perdu ini mempunyai tinggi 30-60 cm, daun yang halus, dan bunga yang berwarna kebiruan atau putih. Di dalam bunga inilah terdapat biji-biji hitam Habbatussauda. Tanaman ini telah banyak digunakan sebagai bumbu masakan di India, Timur Tengah, dan Afrika bagian utara. Habbatussauda memiliki rasa pedas, sedikit pahit, dan renyah. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, Habbatussauda berguna sebai obat herbal. Di Indonesia, Habbatussauda pun  mulai banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi,  para ilmuwan kini mulai mengenal lebih dekat dan mengungkap berbagai manfaat serta efek terapeutik dari tanaman tersebut. Dalam agama Islam, Hadist Nabi pernah menyebutkan, “Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (Jintan Hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali Kematian.” Habbatussauda diprediksi dapat menjadi awal yang baik  untuk mencari alternatif sebagai obat pengganti dari obat-obat sintetis yang seringkali memiliki efek samping berbahaya. Manfaat tanaman ini telah terbukti pada riset riset ilmiah seperti diantaranya oleh Dr Michael Tierra L.A.C.O MD dari Laboratorium Penelitian Departemen Farmakologi, Departement Pharmacy King College, London, Profesor El Dakhakhny dari Pusat Penelitian Mikrobiologi, Mesir, dan lain sebagainya.

Kandungan kimia yang terdapat di dalam Habbatussauda terbilang banyak. Tanaman ini memiliki lebih dari 100 zat aktif. Seperti zat aktif nigellone dan thymoquinone dari minyak atsiri biji Habbatussauda, tokoferol, pitosterol, kaempferol, quercetin, kombinasi minyak (35%), protein (21%),dan  karbohidrat (38%). Minyak Habbatussauda terdiri dari 50% asam lemak tak jenuh ganda, termasuk asam linoleat, asam gamma-linolenat dan minyak atsiri. Monosakarida (gula molekul tunggal) dalam jintan hitam berbentuk glukosa, rhamnosa, silosa, dan arabinosa. Dari 15 asam amino yang terdapat dalam jintan hitam, sembilan di antaranya adalah asam amino esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita sehingga kita harus mendapatkannya dari luar. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi magnesium, kalsium, potasium, selenium, zinc, vitamin A, B, niasin, dan C.

Habbatussauda memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Minyak esensial yang terdapat pada Habbatussauda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi kapsul habbatussauda 1 gram, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan rasio antara sel T positif dan negatif hingga 72%. Peningkatan kekebalan tubuh ini berperan penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai sumber gizi.  Habbatussauda mengandung beta karoten (pro vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan potassium yang berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi bermacam enzim. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine yang penting bagi pertumbuhan balita.  Kita dapat mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda tiga kali sehari untuk menambah suplemen gizi.

Sebagai obat kanker. Asam lemak pada jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Habbatussauda menstimulasi produktivitas sumsum tulang dan imunitas sel serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat. Penelitian laboratorium di Jordania dan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kandungan minyak volatile nigellone dan thymoquinone dalam biji hitam bersifat anti leukemia. Para peneliti di University of Mississippi Medical Center pada tahun 2007 juga menemukan manfaat thymoquinone pada sel-sel kanker usus besar. Mereka melaporkan bahwa thymoquinone menghancurkan sel-sel kanker dengan menghambat fungsi metabolisme sel-sel, serupa dengan cara kerja obat yang biasa digunakan dalam kemoterapi. Untuk pengobatan kanker,  setengah sendok teh minyak habbatussauda dapat dicampurkan dengan satu gelas jus anggur dan dan diminum tiga kali sehari. Pengobatan berlangsung kurang lebih selama empat puluh hari.

Obat gangguan pencernaan. Habbatussauda efektif melawan bakteri, termasuk bakteri yang dikenal sangat kuat daya tahannya terhadap obat-obatan, seperti bakteri kolera, E. coli, dan Shigella spp. Penelitian lain menemukan bahwa minyak esensial biji hitam bersifat anti mikroba dan sangat efektif untuk memberantas cacing dalam saluran pencernaan.  Oleh karena itu, habbatussauda dapat dipakai untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebab lain yang non-spesifik dengan gejala seperti perut mulas, dispepsia, diare dan muntah-muntah.

Melancarkan air susu ibu. Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal Habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian mengenai ini dipublikasikan dalam literatur penelitian di Universitas Potchestroom pada tahun 1989.

Mengatasi gangguan tidur dan stress. Saponin Habbatussauda berfungsi kortikosteroid yang mempengaruhi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin mempunyai fungsi mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Asam linoleat dan asam linolenat (dikenal dengan omega 3 dan omega 6) yang terkandung dalam Habbatussauda merupakan  nutrisi sel otak yang berguna meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Sebagai obat asma dan alergi. Crystalline nigellone pada Habbatussauda memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem imun tubuh sebagai reaksi alergi. Pemberian Habbatussauda dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar penderita asma bronkhitis dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping. Kandungan thymoquinone dalam Habbatussauda berkhasiat sebagai  antiradang dan juga anti nyeri (analgesik). Senyawa ini merupakan antioksidan yang ampun dan efektif meluruhkan racun tubuh. Kedua senyawa yang bekerja secara sinergis ini membuat Habbatussauda sangat dianjurkan untuk mengobati gangguan pernapasan. Selain itu, Habbatussauda merupakan alternatif yang sehat bagi alergi yang ingin bebas dari obat yang mengandung kortikostreroid yang biasa diresepkan untuk mengatasi alergi. Untuk pengobatan asma dan alergi, kita dapat meminum  secangkir air hangat yang telah dicampur satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda pada pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam.

***

Berkat tugas inilah, passion saya untuk menulis bertambah. Semoga postingan bisa nambah terus… Semoga saya juga bisa menjadi penulis (disamping main job saya tentunya^^ ) di dunia maya atau nyata yang handal dan menginspirasi banyak orang. See you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s