Aroma Rosemary Meningkatkan Kemampuan Otak

Standard

dan… bagian ke #3:

 

Ghiboo.com – Tanaman rosemary sudah terkenal sebagai bahan aromaterapi dan bahan dalam kosmetik. Kini para ilmuwan Amerika menemukan bahwa aroma dari tanaman rosemary dapat meningkatkan kemampuan kinerja kognitif.

Para peneliti dari University of Northumbria menemukan bahwa jumlah 1,8-cineole (senyawa yang ditemukan dalam minyak rosemary) dalam darah berhubungan dengan kinerja otak.

Peneliti melakukan sebuah penelitian terhadap 20 orang yang diminta untuk menghirup aroma rosemary dengan berbagai tingkatan melalui hidung dan kemudian mengambil sampel darah untuk melihat seberapa banyak 1,8-cinole yang diserap. Kemudian, peneliti memberikan beberapa tes kecepatan, mood dan ketepatan untuk melihat efek dari rosemary.

Temuan yang dipublikasikan dalam journal Therapeutic Advances in Psychopharmacology menemukan semakin banyak 1,8-cineole dalam aliran darah seseorang, maka semakin tinggi skor tes yang diberikan. Peneliti juga mencatat dampak kecil rosemary terhadap perubahan mood.

“Senyawa cinole yang terdapat dalam rosemary, sebelumnya belum pernah menunjukkan kemampuan diserap dalam plasma darah manusia. Temuan ini memberikan pandangan bahwa aromanya bertindak seperti obat terapeutik,” papar peneliti Dr Mark Moss, dilansir melalui Huffingtonpost, Selasa (28/2).

 

http://id.she.yahoo.com/aroma-rosemary-meningkatkan-kemampuan-otak-113511995.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s