Obat Forte

Standard

Nah, saya pengen nge post tentang forte..karna kemaren saya flu *curhat ceritanya* Bukan sih. Alasannya pengen tau obat dengan dosis forte sama yang nggak. Masalahnya pas beli obat, ada yang merk-forte sama yang merk aja(ga pake forte).

Jadilah pilih pake yang biasa aja, soalnya belom tau yang forte itu gimana.—Dikasih tau kakak kelas dosisnya dua kali lebih banyak.

JADI…..

Apa itu FORTE?

Seenggaknya pernah denger kan obat eg. neozep forte, tempra forte,dll ? ada tulisan forte nya gitu deh.

Forte itu sendiri artinya ‘dikalikan’. Yang dikalikan disini adalah kandungan zat aktifnya. Misalnya kandungan parasetamol (zat aktifnya) dalam obat A biasa adalah 250mg, lalu kandungan parasetamol dalam obat A Forte sama dengan 500mg. Jadi, kandungan zat aktifnya 2 kali lebih banyak pada obat forte. Kandungan zat aktif dalam obat forte bisa 1,5, 2, atau 2,5 kali lebih banyak dari obat biasa.

Nah, pendapat masyarakat tentang obat forte itu katanya lebih oke (it means lebih manjur ya).

Sebenernya penggunaan obat forte itu apa?

Obat forte itu digunakan untuk pasien pasien yang mempunyai masalah dalam dosis obat. Faktor yang mempengaruhi dosis obat diantaranya berat badan pasien dan luas permukaan tubuhnya. Untuk obat biasa, dosisnya dipengaruhi oleh berat badan rata-rata atau umumnya orang normal. Bagaimana dengan pasien yang memiliki berat badan lebih (overweight)? disini obat forte sesungguhnya berfungsi. (Sebenarnya sama seperti membandingkan dosis obat anak-anak dengan dewasa. Berdasarkan berat badan pada umumnya, berat badan orang dewasa lebih besar daripada berat badan anak anak sehingga dosis obat pun berbeda. Lebih besar dosis orang dewasa. *Maka dari itu waktu ke dokter ditanya sama suster/dokternya berat badan pasien berapa terus dicatet deh, salah satu fungsinya itu. Menentukan dosis obat.*) Ya, sehingga masyarakat yang overweight berpendapat dengan mengonsumsi obat forte akan lebih manjur dibaningkan ia mengonsumsi obat non forte. Fungsi lain dari obat forte adalah kepraktisan. Contohnya, orang yang memiliki berat badan overweight  harus meminum obat non forte sehari 3 kali 2-3 tablet untuk bisa memperoleh hasil terapi yang mereka inginkan/harapkan (read: sembuh). Jika mereka mengonsumsi obat forte, mereka tetap mengonsumsi obat obat tiga kali sehari namun cukup 1 tablet saja tiap kali (frekuensi) minum obat. Kepraktisan ini juga berperan penting dalam menciptakan kepatuhan pasien dalam meminum obat.

Apakah yang mengonsumsi obat Forte hanya orang yang memiliki berat badan lebih (overweight) saja?

Tidak selalu, kadang pada orang dengan berat badan rata-rata pun diperlukan dosis yang lebih besar, namun pada umumnya orang dengan berat badan rata-rata cukup mengkonsumsi obat dengan takaran originalnya.

Jadi,disini yang paling penting adalah kebutuhan dosis seseorang. Pada umumnya, seperti yang dijelaskan tadi. Jika berat badannya normal atau rata-rata, dosis yang diberikan pun dosis normal. Akan lebih rendah dosisnya dibandingkan dosis orang yang berat badannya diatas rata rata.

Jika orang yang tidak memerlukan dosis obat forte mengonsumsi obat jenis forte (dosisnya berlebih dari yang seharusnya), maka pasien dapat mengalami bisa jadi mengalami overdosis. Overdosis ini bermacam-macam, mulai dari yang ringan sampai yang berat, tergantung obatnya. Overdosis dapat menyebabkan meningkatnya efek samping obat yang diterima oleh pasien. Selain itu, overdosis juga memungkinkan pasien justru menerima efek toksik dari obat yang dapat membahayakan keselamatan pasien, seperti beban pada hati dan ginjal.

Jadi, dosis obat forte memang lebih tinggi daripada dosis versi original atau biasa nya, tetapi masa kerjanya tetap sama.  Namun, tetap saja tidak mempengaruhi cara pemberiannya/ frekuensinya (misalkan untuk obat yang masa kerjanya 8 jam, pemberiannya tetap 3×1 baik untuk obat forte maupun yang biasa). Atau contoh lainnya, jika dosis biasa akan diberikan 2 x 2 tablet, maka pada obat forte, dosis akan diberikan 2 x 1 tablet.

 

sebagian referensi: medicalera.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s